Pages

2 Juli 2014

Mau Air Minum Anda Layak Konsumsi? Pakai Pure It



Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan air Tidak hanya manusia, hewan dan tumbuhan pun juga memerlukan air. Air adalah unsur yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan kita. Bahkan dapat dipastikan bahwa tanpa pengembangan sumber daya air secara konsisten, peradaban manusia tidak akan mencapai pada tingkat maju seperti saat ini. Oleh karena itu, pengolahan dan pengembangan sumber daya air merupakan dasar bagi kelangsungan hidup manusia.

Salah satu faktor penting dalam penggunaan air dalam kehidupan sehari-hari adalah untuk kebutuhan air minum. Manusia membutuhkan air minum yang bebas dari mikroorganisme penyebab penyakit dan bahan-bahan kimia berbahaya (apapun jenisnya) yang dapat merugikan kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya. Lalu, apakah air jernih yang kita minum sehari-hari sudah benar-benar sehat dan layak konsumsi?

Mengutip Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 1405/menkes/sk/xi/2002 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan Industri, pengertian Air Bersih adalah air yang dipergunakan untuk keperluan sehari-hari dan kualitasnya memenuhi persyaratan kesehatan air bersih sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dapat diminum apabila dimasak. Air bersih yang dimaksud di sini adalah air yang hanya layak untuk dikonsumsi, bukan layak untuk digunakan sebagai penunjang kegiatan seperti MCK. Standar air yang digunakan untuk dikonsumsi jelas lebih tinggi dari pada untuk keperluan lain. Oleh karena itu, ada beberapa syarat air minum yang layak dikonsumsi, yaitu :

Syarat Fisik
Syarat fisik yang harus dipenuhi oleh air minum yang layak dikonsumsi adalah harus jernih, tidak berasa, tidak berbau, dan tidak berwarna. Sementara suhunya adalah sejuk dan tidak panas. Selain itu, air minum yang layak dikonsumsi tidak memiliki endapan.

Syarat Kimia
Dilihat dari aspek kimiawi, bahan air minum tidak boleh mengandung partikel terlarut dalam jumlah tinggi serta logam berat seperti Hg, Ni, Pb, Zn, dan Ag. Selain itu, air minum juga tidak boleh mengandung bahan beracun seperti senyawa hidrokarbon dan detergen. Senyawa dan logam berat tersebut bisa mengendap dalam berbagai organ terutama saluran pencernaan seperti hati dan ginjal. Sehingga dalam jangka panjang bisa menimbulkan kerusakan pada organ tersebut.

Syarat Mikrobiologis
Bakteri patogen seperti E.Coli, Clostridium Perfringens, Salmonella dapat membentuk toksin (racun) dalam periode singkat  yaitu beberapa jam. Keberadaan bakteri ini yang kebanyakan ditemui dalam kotoran manusia dan hewan menunjukkan kualitas sanitasi yang rendah dalam proses pengadaan air. Air minum yang layak dikonsumsi tidak mengandung bakteri dan kuman yang bisa menimbulkan penyakit.

Setelah mengetahui tentang syarat air yang layak dikonsumsi, maka ada baiknya jika mulai sekarang kita lebih jeli dalam memilih air untuk dikonsumsi sehari-hari. Untuk air yang kondisinya di bawah standar kesehatan, maka sangat dianjurkan memiliki sarana atau infrastruktur pengolahan air. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas air menjadi lebih baik lagi, demi menjaga kesehatan dan kelangsungan hidup kita dan generasi selanjutnya.

Tidak semua kondisi air yang buruk itu bisa terlihat oleh mata. Tanpa penanganan yang tepat bahkan setelah direbus pun, sumber air tersebut terkadang masih belum aman untuk dikonsumsi. Maka lebih baik kita mengantisipasi dengan menggunakan sarana pengolahan atau penyaringan air yang sudah ada dan terbukti keunggulannya.

Jika selama ini kita selalu mengandalkan proses pengolahan air bersih dari mesin-mesin milik PDAM atau perusahaan pengolahan air lainnya, maka sekarang kita tidak perlu sepenuhnya bergantung pada mereka lagi. Pure It adalah jawaban bagi kita untuk mendapatkan air minum yang benar-benar sehat dan layak dikonsumsi. Dengan teknologi yang serba canggih, Pure It layak dipilih sebagai salah satu alternatif untuk menghasilkan air minum tanpa menggunakan gas dan listrik. Selain itu, Pure It juga sangat praktis, higienis dan ekonomis.

Keunggulan Pure It

Sekarang kita tidak perlu repot lagi merebus air agar aman untuk diminum. Dengan Pure It kita bisa langsung minum air yang kita ambil langsung dari kran atau sumber air tanpa merebusnya terlebih dahulu. Ini karena Pure It memiliki banyak keunggulan antara lain : 
  • Sangat Praktis. Hanya dengan memasukkan air mentah ke dalam Pure It, lalu teknologi canggih Pure It akan bekerja memurnikan air tersebut untuk selanjutnya siap diminum. 
  • Tidak memerlukan gas, listrik, dan saluran pipa.
  • Harga sangat terjangkau. 
  • Air terlindungi dari kuman berbahaya penyebab penyakit dengan menggunakan standar terketat EPA (Environmental Protection Agency) dari USA.
  • Pure It memiliki indikator yang dapat menunjukkan lebih awal kapan perlu mengganti Germkill Kit (mekanisme penghentian otomatis). 
  • Kapasitas hingga 9 liter di top chamber ditambah 9 liter di transparent chamber. 
  • Memiliki garansi satu tahun.

Nah, sekarang kita sudah tahu apa saja keunggulan Pure It kan? Untuk kehidupan yang lebih sehat, ayo kita beralih dengan menggunakan Pure It!

Dengan demikian, saya harap blog ini mampu memberikan pengetahuan tentang air yang layak kita konsumsi sehari-hari. Dan semoga blog ini bermanfaat bagi para pembaca.

Sumber :
http://Pure It-water-purifier.blogspot.com

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Pureit "Syarat Air Minum Yang Layak Dikonsumsi" 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudah berkunjung, nggak enak dong kalo nggak ninggalin jejak.
Silahkan berkomentar yang sopan yaa....