Pages

11 Juli 2014

Iklan Sirup, Godaan Terbesarku Saat Puasa



Hakikat puasa adalah menahan diri dari segala sesuatu yang bisa membatalkan puasa. Jadi, dalam berpuasa kita tidak hanya dituntut untuk menahan lapar dan haus saja, tetapi juga menahan diri dari hawa nafsu. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa manusia diciptakan Allah dengan diberi hawa nafsu. Dan disinilah manfaat berpuasa, yakni mengajarkan kepada kita untuk menjadi pribadi yang sabar. Dengan kesabaran itu kita bisa menahan segala nafsu yang timbul dari diri kita. Puasa selalu mengingatkan kita akan kesabaran, dan sabar membuat kita bisa menahan nafsu kita.

Pada bulan Ramadhan seperti sekarang ini, umat muslim dituntut untuk ekstra sabar. Meskipun demikian berbagai godaan pasti akan tetap datang pada diri kita. Beberapa godaan saat bulan puasa antara lain :

Rasa Haus dan Lapar
Ini adalah godaan yang paling umum terjadi pada orang yang berpuasa. Seringkali orang yang tidak tahan lapar dan haus, bisa begitu saja membatalkan puasanya. Sebenarnya godaan ini bisa diatasi dengan cara makan makanan yang mengandung protein tinggi dan banyak minum air, terutama air putih pada saat sahur.

Aksi “Kalap”
Kalap yang dimaksud disini adalah aksi balas dendam pada saat berbuka. Seringkali setelah seharian menahan lapar dan dahaga, maka pada saat berbuka kita berlomba-lomba menyantap makanan secara berlebihan. Ini adalah cara yang tidak benar. Makan berlebihan justru akan membuat tubuh merasa kepayahan dan berat. Akibatnya, kita tidak bisa melaksanakan tarawih. Untuk mengatasi aksi ‘kalap’ ini kita bisa minum minuman yang mengandung elektrolit tinggi untuk mengembalikan energi kita dan makan buah-buahan.

Lelah, Letih dan Lesu
Rasa lelah, letih dan lesu saat berpuasa adalah hal yang wajar. Tapi, jangan sampai aktivitas kita terganggu karena hal ini. Usahakan untuk mengkonsumsi banyak buah dan sayur serta minuman berelektrolit untuk menjaga stamina tubuh.

Lapar Mata
Hal ini sering terjadi terutama saat melewati tempat-tempat makanan. Aroma dari masakan yang mampir pada hidung kita menggugah selera makan kita. Tapi, orang yang berpuasa lebih sering mencium aroma masakan ini secara berlebihan, dengan dalih mengobati rasa laparnya.

Suka Menggosip
Ini adalah kegiatan yang sering dilakukan oleh kaum wanita. Meskipun sadar sedang berpuasa, tapi hal ini sulit dihindari. Awalnya sih memang hanya sekedar ngobrol biasa tapi akhirnya jadi menggosip dan mengumbar keburukan orang lain. Astaghfirullah….

Emosi
Ini godaan terberat yang dihadapi umat muslin yang berpuasa. Seringkali kita sudah menjaga diri dan hati dengan baik agar tidak terpancing emosi, tapi pada beberapa keadaan atau sikap orang bisa membuat emosi kita terpancing. Sebaiknya kita segera mengambil wudhu jika merasa emosi kita tinggi agar emosi ini tidak membatalkan puasa kita.

Iklan Sirup di TV
Dari sekian banyak hal yang merupakan godaan saat berpuasa, tapi bagi saya pribadi iklan sirup di TV bisa membuat saya menjadi lapar mata dan tidak tahan dahaga. Kok bisa? Bayangkan saja saat siang hari, badan lemas tak bertenaga dan haus tak terkira, kita ingin santai sejenak dengan menonton TV. Saat menyalakan TV tiba-tiba muncul iklan sirup dari merk A*C yang begitu menggugah selera. Duh, es sirup di siang hari yang panas begitu menyegarkan saat mengaliri kerongkongan, bukan?

Astagfirullah… saya kan sedang berpuasa. Dan ternyata berdasarkan survei wolipop juga menyebutkan bahwa maraknya iklan sirup di TV menjadi godaan berat bagi beberapa orang dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan. 

Berdasarkan hasil survei tersebut, ada 10% responden yang mengatakan kalau godaan terberat mereka dalam berpuasa adalah melihat iklan sirup di televisi. Tidak jauh berbeda, 17,5% responden lain juga merasa minuman segar seperti air putih dingin, es teh dan es krim menjadi cobaan berat ketika sedang puasa. Kondisi menahan haus ini semakin tidak tertahankan ketika harus menghadapi cuaca yang panas. Untuk 12,5% responden, cuacalah yang menjadi kendala terbesar mereka ketika berpuasa. Apalagi belakangan ini matahari semakin terik saja bersinar, meskipun waktu baru menunjukkan pukul 09.00.

Hmm… ternyata bukan saya saja yang tergiur dengan iklan sirup di TV. Tapi, semoga puasa mengajarkan kita untuk selalu menjaga kesabaran dan menahan hawa nafsu. Amiin…

Sumber :
http://wolipop.detik.com/read/2012/07/20/074522/1970169/1135/godaan-berat-saat-puasa-iklan-sirup-di-tv

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudah berkunjung, nggak enak dong kalo nggak ninggalin jejak.
Silahkan berkomentar yang sopan yaa....