Pages

6 Oktober 2013

About #KampusFiksi4 - Part 2

Minggu, 29 September 2013

Hari kedua acara #KampusFiksi, hari ketiga aku di Jogja sekaligus hari terakhir kebersamaanku dengan teman-teman. 
Masih sama seperti kemarin, acara di #KampusFiksi saat itu adalah sosialisasi staff DIVAPRess. Dimulai dari Sekretaris Redaksi di DIVAPress yaitu Mbak Munal. Mbak Munal ternyata orang Kudus loh, seneng deh bisa ketemu kawan setanah air disana. 
Pada sesi ini dijelaskan tentang tugas-tugas kesekretariatan, dari mulai pembuatan surat-surat hingga menangani komplain dan pertanyaan dari para penelepon. Aku jadi semakin paham betapa susahnya menjadi seorang sekretaris, harus sabar, bijak dan ramah. Nggak peduli betapa kacaunya suasana hati, kita harus tetap bersikap profesional dong dengan para customer. Salut deh buat Mbak Munal.

Mbak Munal, Sekretaris Redaksi DIVAPRess

Ada Mas Aconk yang kocak abis di sesi marketing.
Ini nih, kita diajari bagaimana caranya berjualan. Tidak cuma bisa menulis, tapi kita perlu berjualan juga.
Menjalin hubungan yang baik dengan tim marketing dari penerbit dan pihak toko buku, bisa buat modal buku kita laris di pasaran lho... 
Mas Aconk, tim marketing DIVAPRess


Selanjutnya acara editorial. Nah ini nih, yang membuat para editor bersuka ria. Pasalnya pada sesi itu para peserta #KF4 diminta untuk mengedit naskah cerpen "amburadul" sebanyak 3 lembar. Huh, susah juga ya ternyata. Makanya, karena jadi editor itu susah kita harus berusaha untuk self editing sendiri sebelum mengirmkan naskah. Yah, disamping kita belajar untuk menemukan kesalahan diri sendiri, kita juga memperingan tugas para editor lho.
Kasih applause deh buat Mbak Ve, Mbak Rina, Mbak Ita, Mbak Ajjah, Mbak Ayyun dan para editor yang lain. 

Mbak Ve, Mbak Ayyun, Mas Sukur serius amat yak...
Ada pertemuan, ada juga perpisahan. 
Ya. Nggak terasa sudah malam, acara #KampusFiksi pun harus berakhir. Ada yang harus pulang malam ini, ada juga yang pulang esok hari. 

Thanks buat Pak Edi Akhiles dan keluarga besar DIVAPress yang telah memberikan wadah -bagi kami penulis pemula- untuk bisa belajar dan mencecap ilmu kepenulisan yang sangat bermanfaat ini.
Thanks juga buat teman-teman #KampusFiksi4 yang sudah mau menajdi teman sharing selama 2 hari yang singkat ini. Semoga buku-buku kita bisa mejeng di toko buku ya...
Sebuah pengalaman yang sangat berkesan bisa mengenal kalian ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudah berkunjung, nggak enak dong kalo nggak ninggalin jejak.
Silahkan berkomentar yang sopan yaa....