Pages

31 Oktober 2014

Tips Memilih Suplemen Makanan Yang Tepat

Sekarang ini banyak orang yang mengeluhkan masalah pada kesehatannya. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, tapi faktor yang berperan besar menyumbang masalah ini adalah gaya hidup dan lingkungan yang tidak sehat. Gaya hidup yang tidak sehat membawa dampak negatif bagi kesehatan, salah satunya adalah hilangnya sebagian atau seluruh fungsi tubuh yang diakibatkan oleh pola makan tidak sehat.

Untuk mengembalikan fungsi tubuh agar seimbang, maka tubuh membutuhkan asupan nutrisi tambahan. Asupan nutrisi tambahan itu bisa diperoleh dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan kesehatan tertentu dan juga suplemen makanan. Pemilihan suplemen makanan sebagai solusi untuk memenuhi nutrisi harian tubuh, dinilai sebagai cara praktis dan aman bagi tubuh untuk mengembalikan fungsinya secara normal.

Suplemen makanan pada dasarnya hanya berfungsi sebagai asupan tambahan makanan, dan bukan sebagai pengganti makanan pokok. Meskipun kita sudah mengkonsumsi suplemen, tetap saja kita harus menjaga gizi dari makanan pokok yang kita makan.

Sekarang ini banyak sekali produk suplemen makanan yang mengklaim sebagai produk unggulan dengan berbagai macam kelebihannya. Lalu, bagaimana tips memilih suplemen makanan yang tepat?

Mungkin Anda akan merasakan kebingungan saat pertama kali memilih jenis suplemen makanan yang tepat untuk tubuh. Begitu banyak jenis dan merk suplemen makanan yang dijual di pasaran membuat kita harus benar-benar jeli memilih suplemen makanan yang tepat. Beberapa suplemen yang bisa ditemukan di pasaran antara lain :

  • Vitamin, merupakan micronutrien dan co-enzim yang diperlukan untuk membentuk energi.
  • Mineral, dapat ditemukan dalam bentuk senyawa ataupun berdiri sendiri tanpa ikatan dengan mineral lain. Contoh:  tembaga, besi, zinc, dan chromium.
  • Asam amino, dibuat dari protein yang berfungsi sebagai  zat pembangun. Contoh : L-arginine, L-carnitine, L-glutamine.
  • Antioksidan, merupakan kelompok vitamin, mineral dan enzim yang dapat membantu melawan oksida bebas dan radikal bebas yang berpotensi merusak sel. Contohnya adalah melatonin, zinc, vitamin C dan koenzim Q10.
  • Enzim, merupakan senyawa protein yang berperan untuk mencerna makanan, merangsang perkembangan otak, memperbaiki sel dan sebagai katalisator energi. Contoh:  amilase, selulase, lipase, laktase dan protease.
  • Madu, lidah buaya, propolis dan bee pollen, yakni bahan dari alam yang dapat langsung dipakai
  • Rempah-rempah, adalah tumbuhan yang memiliki khasiat untuk penyembuhan dan menjaga fungsi tubuh tetap prima. Contoh: bawang putih, jahe, ginseng, mengkudu,kumis kucing.
  • Asam lemak esensial, biasa dikenal sebagai essential fat acid atau EFAs. Contohnya adalah minyak ikan, minyak bunga matahari, minyak biji anggur, minyak borrage atau bunga bintang.
  • Bioflavinoid, berfungsi untuk meningkatkan penyerapan vitamin. Seringkali bioflavinoid diberikan bersamaan dengan vitamin C.
  • Makanan hijau, digunakan untuk detoksifikasi tubuh dan sebagai sumber energi. Contohnya adalah : chlorella, spirulina, rumput barley, extract rumput gandum.
  • Serat, digunakan untuk membantu menurunkan nilai kolesterol dan menjaga kadar gula darah agar tetap normal di dalam tubuh. Contohnya adalah : pectin/serat apel dan gandum

Bagaimana Tips Memilih Suplemen Makanan Kesehatan yang Tepat? 

Tentunya ada banyak hal yang harus diperhatikan saat memilih suplemen makanan yang tepat, antara lain:
  • Pilih produk yang telah di chelate- kan, yaitu produk yang telah di proses dengan pengikatan molekul sehingga penyerapan didalam usus menjadi lebih sempurna. Dengan proses ini dapat dipastikan zat-zat yang terbuang akan minimal.
  • Pilih suplemen multivitamin karena lebih efektif dan memudahkan anda dalam mengkonsumsinya.
  • Pilih produk yang telah melalui penelitian yang dapat dipercaya dan telah disetuju oleh FDA, bukan hanya dari kesaksian sejumlah orang.
  • Pilih bahan suplemen yang diproduksi dari bahan yang natural seperti ekstrak dari buah-buahan, tidak mengandung pewarna buatan, perasa buatan, dan pengawet.
  • Perhatikan pula zat tambahan yang biasa ditambahkan kedalam suplemen, jika Anda kebetulan memiliki alergi terhadap zat tertentu.
  • Disarankan untuk memilih produk tablet enteric coat, karena tablet jenis ini baru mulai melepaskan zat- zat yang kita butuhkan tepat pada pusat penyerapan yaitu usus, sehingga zat-zat ini tidak akan dirusak oleh asam lambung.
Adakah Suplemen Makanan Kesehatan yang Tepat Untuk Saya?



Begitu banyak produk makanan kesehatan yang beredar di pasaran, namun hanya produk-produk makanan kesehatan Sea-Quill yang merupakan hasil perpaduan antara bahan alami dan teknologi manusia, diciptakan untuk meningkatkan keseimbangan gizi, vitalitas dan kesejahteraan Anda melalui kualitas produk yang prima dengan beberapa keunggulan. Keunggulan-keunggulan produk Sea-Quill bisa dilihat melalui berbagai prosedur berikut ini:


Pemilihan Bahan Baku
Produk-produk Sea-Quill terbuat dari bahan baku terbaik dari seluruh dunia. Bahkan, beberapa bahan baku alami dihasilkan dari sistem penanaman organik yang bebas pestisida, bebas pupuk kimia dan non-GMO (Genetically Modified Organisms). Selain itu, setiap bahan baku harus memenuhi persyaratan mengenai kemurnian, potensi, kesegaran, keamanan dan kadar zat aktif yang diuji di in house laboratories yang menyangkut analisa dan tes mikrobiologi. Untuk mendapatkan spesifikasi zat aktif dari bahan baku yang berkualitas tinggi, digunakan berbagai metode analisis dengan teknologi tinggi seperti HPLC, GC, AA, NIR, UV-VIS, LS, RI, FTIR, TLC scan, GF dan Polarimeter supaya dipastikan bahwa kandungan tersebut terstandar dan memiliki efek terapi terhadap tubuh. Terdapat 18 tahapan seleksi dan sortasi sebelum bahan baku itu dinyatakan layak pakai.

Memenuhi Standar Makanan Kesehatan
Produk-produk Sea-Quill dimanufaktur oleh salah satu produsen makanan terbesar di USA, yaitu Natures Product Inc. Dengan menggunakan fasilitas state-of-the-art di Florida, USA, yang memiliki lahan seluas 130.000 meter persegi. Fasilitas manufaktur didesain secara spesifik untuk memenuhi standar farmasi. Dengan peralatan yang terotomatisasi dan terkomputerisasi menggunakan teknologi paling canggih sehingga memenuhi standar cGMP (curent Good Manufacturing Practice) dan memenuhi persyaratan NLEA dan DSHEA regulation. Seluruh fasilitas dilindungi dengan sistem kontrol cuaca yang terkomputerisasi. Demikian juga lingkungan pabrik semuanya dikontrol secara otomatis untuk menghindari cemaran fisik dan biologis. Setiap tahun semua fasilitas dan prosedur produksi dievaluasi oleh FDA dan semua fasilitas yang akan digunakan telah memenuhi standar cGMP.

Pengawasan Ketat
Sejak awal, kualitas merupakan nomor satu bagi produk Sea-Quill. Pengawasan yang ketat sejak dari bahan baku diterima, tes dan analisa bahan baku, tes sebelum, selama dan sesudah pembuatan, pengepakan hingga pengiriman. Semuanya melalui 26 tahapan prosedur yang diawasi dengan ketat oleh tim QC dari Sea-Quill.  Selain itu, untuk melakukan pemeriksaan silang terhadap semua tahapan produksi dan spesifikasi, dilakukan Quality Assurance (QA). Tim QA juga memonitor prosedur kalibrasi alat-alat untuk memastikan akurasinya. Hasil akhir produk tidak akan diluncurkan ke pasaran sebelum mendapat pengesahan dari QA. Selain itu, Sea-Quill juga menerbitkan Certificate of Analysis dari tiap produk untuk menjamin kemurnian kandungan nutraceutical. Bekerjasama dengan pihak ketiga yang netral untuk menghasilkan Independent Laboratory Assay.

Diperoleh Melalui Penelitian Ilmiah
Beberapa komponen merupakan hasil penemuan terbaru dalam dunia makanan kesehatan dan telah dipatenkan karena terbukti memiliki khasiat yang nyata dan unggul dibanding bahan sejenis. Contoh: PureWay C, MacaPure, Kolla2, Peptizyme, Chromemate, dan lain-lain. Kombinasi berbagai komponen dalam satu produk telah diteliti manfaat dan sinergisitasnya pada berbagai Institute multicenter di seluruh dunia.

Aman dan Halal
Beberapa bahan herbal yang dipakai telah menggunakan Technology of Standardized Herbal Extract (TSHE), yang menjamin bahwa kadar bahan aktif yang dipakai sama dengan kadar bahan aktif yang digunakan dalam penelitian dan uji klinis oleh para ilmuwan diseluruh dunia. Untuk kesehatan anda, produk-produk SEA-QUILL tidak mengandung ragi, pengawet dan pewarna sintetis. Jaminan Uang Kembali (Money Back Guarantee) atas kemurnian, kesegaran dan potensi kandungan zat aktif sesuai zat aktif sesuai pada label yang tertera. Bahan Gelatine pada produk-produk softgel dan capsule dibuat dari bahan asal hewan yaitu sapi, yang bersertifikat bebas penyakit sapi gila (BSE Free certificate) oleh pemasok yang juga memiliki sertifikat HALAL.






Referensi :
http://www.tanyadok.com/kesehatan/panduan-memilih-suplemen-yang-tepat
http://artikeltentangkesehatan.com/memilih-suplemen-makanan-yang-baik.html
http://www.sea-quill.co.id

8 komentar:

  1. postingannya mbak laila safitri tentang tips memilih suplemen makanan yang tepat memang mantap nih. pantes jika di halaman 1 google.
    semangatt.. juoss.!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir di blog saya. Yok semangat ngeblog. Salam blogger ^_^

      Hapus
  2. padat dan berisi....gut lak ya mbak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak Yuni Andriyani. Salam blogger ^_^

      Hapus
  3. Artikelnya yang sangat menarik. Kesehatan itu memang nomer satu, supaya bisa menjalankan hari dengan lebih produktif. Raih kesempatan mendapat hadiah berbagai gadget menarik melalui #SumpahAlaPemuda disini => bit.ly/1vuqTNx ikutan yuk!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mbak Fida Rani Fadlilah. Salam blogger ^_^

      Hapus
  4. Terima Kasih Mbak artikelnya.. sangat membantu sekali, khususnya untuk di terapkan sehari-hari.. oh iya jangan lupa tengok tengok juga artikel dengan tema Makanan Kesehatan punya aku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir di blog saya. Salam blogger ^_^

      Hapus

Sudah berkunjung, nggak enak dong kalo nggak ninggalin jejak.
Silahkan berkomentar yang sopan yaa....