Pages

19 September 2014

Punya Toko Online, Siapa Sih yang Nggak Mau?



Perkembangan teknologi internet saat ini membawa berbagai kemudahan dalam kehidupan kita. Banyak hal yang bisa kita lakukan melalui internet. Mencari  informasi, berkomunikasi dengan seseorang, mengirim pesan ataupun data, menonton film, mendengarkan musik, bermain game, bahkan melakukan jual beli pun bisa dilakukan melalui internet. Berbagai kecanggihan ini tentu membawa perubahan pada gaya hidup masyarakat. Mereka tentu akan memilih menggunakan internet demi kenyamanan dan kemudahan hidupnya. Dengan berbagai kemudahan dan kecanggihan pada internet, maka tak jarang banyak orang yang memanfaatkan internet untuk berbisnis.

Salah satu perkembangan bisnis yang kini semakin maju adalah media layanan toko online, atau sering disebut dengan istilah e-commerce. Bisnis Toko Online semakin berkembang pesat di Indonesia, seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet sejak tahun 2012 lalu.

Menurut hasil survei yang dilakukan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) pada akhir tahun 2013 kemarin, angka pengguna internet di Indonesia sudah mencapai angka 71,19 juta jiwa. Jumlah ini mengalami kenaikan sebesar 13% dari jumlah tahun sebelumnya yang hanya berkisar 63 juta jiwa. Tentu saja, tidak menutup kemungkinan jumlah ini akan terus bertambah setiap tahunnya. 

Perkembangan internet di Indonesia sudah selaras dengan perkembangan internet di seluruh dunia. Bahkan, tingginya akitifitas melalui internet ini, membuat sebagian besar pebisnis mengembangkan usahanya melalui toko online. Tidak hanya pebisnis yang sudah memiliki perusahaan besar saja, tapi pebisnis pemula pun banyak yang memanfaatkan fasilitas internet untuk mengenalkan produknya. 

Saya sendiri termasuk orang yang sangat antusias dengan perkembangan toko online saat ini. Awalnya saya mengira kalau memiliki bisnis dengan memanfaatkan internet adalah hal yang sulit. Apalagi, saya kurang begitu memahami dunia internet marketing. 

Tapi, setelah takdir membawa saya pada pekerjaan yang berurusan dengan bidang internet marketing, saya mulai belajar banyak hal mengenai apa itu internet marketing dan apa itu toko online. Meski di perusahaan tempat saya bekerja, saya diberi jobdesk sebagai penulis yang tugasnya menulis artikel berkaitan dengan promosi produk. Tapi, dari sanalah keingintahuan saya tentang bisnis internet marketing semakin tinggi. 

Bermula Dari Trial and Error
Awalnya saya heran, kok bisa ya setiap hari ada saja pelanggan yang membeli produk perusahaan kami? Padahal kami tidak melakukan suatu promosi yang menggebrak, misalnya dengan open big sale, discount, dan sebagainya. Tapi, setiap hari selalu saja ada customer yang mampir ke website kami. 
Saya pun mulai mempelajari seluk beluk tentang dunia internet marketing. Saya sering bertanya pada teman saya yang kebetulan memang jobdesk-nya sebagai IT . Darinya, saya belajar banyak hal. Tentang trik dan tips meningkatkan traffic rank, tentang SEO, dan seluk beluk internet yang lain. 

Saya pun berpikir, seandainya saya bisa membuat toko online sendiri, pasti saya bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus meninggalkan pekerjaan di kantor. Apalagi, banyak teman yang sudah menjalankan bisnis toko online dan pendapatannya pun lumayan. Saya jadi semakin semangat untuk mencari informasi tentang bisnis toko online.  

Mencoba Bisnis Fashion Online
Tapi, sebelum menjalankan bisnis toko online, tentunya saya harus punya produk yang harus dijual, kan? Kira-kira apa ya produk yang harus saya jual. Dan, terbersit ide untuk menjual produk fashion seperti baju, celana, dress, rok, dan sebagainya. Saya lebih menekankan produk saya ini pada fashion wanita, dengan pertimbangan bahwa wanita lebih hobi belanja daripada pria ^_^

Banyak kendala yang saya hadapi saat mencoba bisnis toko online. Kurangnya pengalaman marketing dan minimnya bakat dalam bidang pembuatan website, membuat saya hanya menjual produk melalui media sosial dan BBM. Selain itu, modal yang sedikit juga membuat saya harus pikir dua kali untuk membeli stok barang terlalu banyak. Tapi, sekarang ini banyak supplier dari  toko online fashion yang membuka kesempatan untuk menjadi reseller dengan sistem dropship. Jadi, saya tidak perlu modal banyak untuk menjual suatu produk. Dan itu membuat saya mendapat kemudahan dan keuntungan yang lebih. 

Tapi sayangnya, saya belum bisa membuat website yang bagus untuk memudahkan penjualan produk saya. Saat ini, saya hanya bisa membuat blog sebagai media toko online. Itupun dengan template yang sederhana saja seperti disini.

Yah, tak apalah saya pun juga baru pemula. Masih banyak hal yang harus saya pelajari, bukan? Tapi, saya tetap bermimpi dan bercita-cita untuk membuat website toko online seperti www.lazada.co.id, www.hijabenka.com, www.aurabatik.com, dan beberapa toko online lain yang sudah mendunia. 

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog "TOKO ONLINE IMPIANKU" 
 

Referensi :

3 komentar:

  1. Wah. Barusan main ke toko onlinenya.
    Udah bagus ituh tampilannya.
    Tinggal dioptimalkan.
    Semoga sukses yaaa...

    Makasih sudah ikutan lomba blog ini :)

    BalasHapus
  2. Semoga segera terwujud ya impiannya.
    Sukses buat lombanya..

    BalasHapus
  3. @RedCarra : Terima kasih mbak sudah main di blog olshop-ku. hehe... itu masih belajar juga kok.

    @Caroline: Terima kasih mbak sudah main di blog ku ^_^

    BalasHapus

Sudah berkunjung, nggak enak dong kalo nggak ninggalin jejak.
Silahkan berkomentar yang sopan yaa....